PKBM Putri Mandiri

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Kelapa Gading

Brain Games 0 – 24 bulan

diterjemahkan oleh Sri Eni Utami dalam rangka tugas magang di Bintang Bangsaku

Untuk Umur 21 – 24 Bulan

BERDANDAN  

Berdandan adalah sesuatu yang disukai batita untuk dikerjakan. Dengan berdiskusi tentang macam-macam baju/pakaian, anda dapat mengembangkan bahasa mereka dan memberinya kosakata baru.

  • Bersama-sama menyiapkan semua pakaian, topi, skraf, sepatu, sarung tangan atau apapun yang anda pikir itu membuat senang batita anda.
  •  Ambil salah satu topi dan katakan “bagaimana kamu memakainya Tuan….(nama anak)”.
  • Ambil sarung tangan dan katakan “ oh, ini terasa begitu lembut”
  • Ajak anak anda untuk mengenal bagian-bagian dari pakaian. Bantu dia dengan kata-kata jika dia tidak menemukannya sendiri.
  • Dengan sebuah percakapan akan membangun dan bahasapun akan mengalir.

Apa kata para ahli?

Usia anak 2 tahun ukuran kosakatanya adalah yang dekat dengan lingkungan, untuk mengetahui berapa banyak percakapan yang diucapkan anak anda. Sebelum berusia 20 bulan, anak-anak suka mengobrol dengan ibu mereka dan ketika itu anak-anak mereka mempunyai lebih dari 131 kata. Kemudian ibunya aktif berbicara, pada umur 2 tahun dia mempunyai kenaikan menjadi 295 kata.

MELIHAT PERMAINAN

Permainan ini membutuhkan konsentrasi oleh batita anda. Dia memerlukan untuk mendengar lebih jelas instruksi, ketika mereka melihat keluar.

  • Taruh mainan kecil yang dikenal di ruangan samping.
  • Duduk di lantai dengan batita anda.
  • Lihat bagaimana dia mengangkat dagu tinggi di udara.
  • Lihat bagaimana dia menundukkan kepalanya, menoleh kesamping dan kemudian menoleh kesamping lainnya.
  • Tanyakan apa yang dilihat (nama sebuah mainan ) saat dia menundukkan kepala, dalam petunjuk lain.
  • Ulangi tempat untuk dia melihat-lihat dilangit-langit, melihat dilantai dan sebagainya.

Apa kata para ahli.

Potensi seorang anak ditentukan di awal tahun, dari pertama kali kejadian ke umur 3 tahun. Ini akan menambah kepercayaan anak di masa depan.

BELAJAR SAMBIL BERMAIN

Ini adalah permainan yang bagus untuk membangun ketrampilan berpikir batita anda dan membantu imajinasi lainnya untuk bekerja dengan objek yang sama, missal menggunakan cangkir untuk minum dan untuk menuang air.

  • Pilih beberapa benda seperti sisir, spon atau cangkir yang akrab dengan batita anda dan gunakan seperti biasanya.
  • Tata benda tersebut di atas lantai.
  • Duduk menghadap benda-benda tersebut.
  • Ambil salah satu benda, contoh sisir, lalu lakukan gerakan menyisir rambut.
  • Ambil benda lainnya dan lakukan seperti kegunaannya.
  • Tanyakan pada batita untuk mengambil salah satu benda dan lihat bagaimana dia menggunakan benda tersebut.

Apa kata para ahli

Menurut penelitian otak yang banyak diperdebatkan oleh pendidik adalah: social awal dan pelatihan emosi adalah bibit dari kecakapan manusia. Setiap anak mempunyai jalur neural yaitu jalan besar untuk mengukir otak, agar belajar dimasa yang akan datang berjalan dengan lebih mudah.

OH, TUHANKU

Sajak ini akan meningkatkan rasa nyaman dalam diri anak anda.

  • Katakan agar anak anda mengikuti/ menirukan:

Oh, my goodness

Oh, my gracious

Look who’s here, look who’s here

Oh may goodness

Oh my gracious

It’s my favorite ( nama anak)

  • Peluk anak anda dengan erat, berikan dia sebuah dekapan besar.
  • Ulangi syair itu lagi. Ketika anda mendekap anak anda, peluk dia di udara dan bawa dia turun untuk sebuah kecupan yang besar.
  • Coba ajak dia, perlahan berputar, berkeliling, atau lakukan gerakan cinta yang lainnya.
  • Anak kecil yang satunya lagi pasti akan menyukai ini.

Apa kata para ahli

Ketika anak-anak menerima kehangatan, merasa didengarkan, mereka menyukai perasaan aman dan nyaman dan untuk membangun hubungan dengan orang lain.

Umur 18 – 21 Bulan

KATA, KATA, KATA

Gambar dalam buku-buku dan majalah adalah sebuah sumber yang bagus untuk didiskusikan.

  • Potong gambar sesuatu yang terkenal seperti, hewan, bayi dan makanan dari sebuah majalah.
  • Lihat di gambar bersama batita anda dan katakan sesuatu mengenai gambar tersebut. Untuk contoh, tunjuk gambar seekor sapidan katakan “ sapi di sawah, moo, moo”, kata sapi.
  • Sekarang tanya batita anda apa yang dikatakan sapi. Jika ia tidak merespon, ulangi lagi kata-kata anda.
  • Tunjukkan gambar bayi dan katakana ” bayi berada dalam ayunan” lalu bayi berkata”waa, waa” lalu tanyakan pada batita anda, apa yang ia katakan.
  • Ceritakan tentang gambar yang suka dilihat anak anda, jika perlu menambahkan sebuah gambar baru.
  • Ajak anak anda memilih salah satu gambar dan katakan tentang gambar itu, atau membuat hiasan pendek, cerita pendek tentang salah satu dari gambar tersebut.

Apa kata para ahli

Anak belajar bahasa dengan mendengarkan kata terus menerus. Itu adalah jalan kenapa anda segera mulai bicara dengan anak dengan lebih baik

DAPATKAH KAMU MENEMUKAN AKU?

Ini adalah permainan yang sangat terkenal bersama batita.

  • Pilih salah satu binatang favoritnya dari bahan. Sembunyikan binatang tersebut ketika batita anda tidak melihat. Dan katakan:

Dimana kelinci Bunny (atau binatang bahan yang lain)

Dimana dapat menemukanya?

Mari kita cari dia cepat, satu, dua, tiga.

  • Pergi ke tempat menyembunyikan Bunny dan keluarkan. Katakan “ini dia kelincinya, horre!”
  • Lanjutkan permainan dengan menyembunyikan mainan lainnya. Selalu katakan syairnya (ganti dengan nama dari binatang tersebut) sebalum anda menemukan mainan itu.
  • Tanyakan ke batita anda untuk menyembunyikan mainanya. Ulangi syairnya dan ajak dia mencarinya.

Apa kata para ahli

Dari peristiwa bayi lahir, makan, dan semua pelatihan , membangun koneksi neural yang menunjukkan perkembangan.

TIKUS DAN KUCING

Permainan ini tidak hanya menyenangkan tapi juga bagus untuk mengembangkan kekuatan otot.

  • Katakan pada batita anda bahwa anda adalah “Tini” tikus kecil dan dia adalah kucing yang sedang mencari untuk menangkap anda.
  • Katakan padanya bahwa tikus berkata “squeak, squeak” dan kucing berkata “meow, meow…”
  • Sembunyi di belakang perabot, di bawah meja atau di ruangan lain.
  • Ketika anak anda mengerti permainannya, ganti peran dengan batita anda.

Apa kata para ahli

Bentuk gerakan badan akan memperkuat jembatan neural yang mudah untuk mempelajari ketrampilan di akademi dalam kehidupan anak.

MENDENGARKAN SUARA

Permainan ini akan membantu batita anda menjadi akrab dengan banyak suara dari luar.

  • Ajak batita anda keluar.
  • Mulai dengan mendengarkan suara burung, ketika anda mendengar seekor burung mengoceh atau bernyanyi, coba untuk menirukan suaranya dan katakan padanya bahwa anda dapat menirukan suara burung.
  • Jika anda melanjutkan permainan ini, dia akan akrab dengan suara dan mungkin mencoba untuk menirukan suara tersebut.
  • Dengarkan beberapa suara dalam lingkungan anda, seperti suara mobil, suara motor dan suara kereta api.

Apa kata para ahli

Kenalkan batita anda beberapa dari simulasi sensor, warna, musik, bahasa, alam dan suara mekanik, menyentuh, merasa, meraba, untuk menjamin bahwa seperti orang dewasa, dia mempunyai pendengaran yang fleksibel.

Umur 15 – 18 Bulan

PERMAINAN DENGAN TEKSTUR

Permainan ini akan mengembangkan kesadaran kebijaksanaan dan ketrampilan berbahasa.

  • ambil beberapa objek yang bertekstur menarik, missal yang sangat keras ( sebuah balok) dan beberapa yang lembut (sebuah mainan lembek)
  • Letakkan tangannya diatas salah satu benda yang keras. Anda mempunyai pilihan dan mengatakan nama dari benda-benda tersebut, sesudah nama benda diikuti dengan kata “keras”. Untuk contoh: “balok keras” sekarang letakkan tangannya di atas beberapa benda yang keras dan menyebutkan namanya lagi, untuk contoh: “meja keras”.
  • Lakukan ini beberapa kali dengan mengenalkan benda-benda lembut, selembut permadani atau bantal.
  • Ketika anda berkata “keras” gunakan suara yang kuat/keras. Dan ketika mengatakan “lembut” gunakan suara yang lembut.

Apa kata para ahli.

Anak-anak yang tumbuh dalam lingkungan yang kaya akan bahasa akan selalu bicara ataka di umur 3 tahun. Orang-orang yang kehilangan bahasa seperti perjuangan anak-anak menjadi tuan rumah, tidak ada pilihan lain tergantung bagaimana mereka atau seberapa banyak mereka melakukan latihan.

SEMUA DAPAT DIKATAKAN

Permainan ini jalan untuk mengembangkan ketrampilan bahasa anak.

  • Ambil sebuah mainan binatang fovoritnya yang dari kain/bahan. Seperti teddy bear, dan peluk dekat telinga anda sepertinya anda mendengar apa yang ia ucapkan. Katakan pada batita anda bahwa teddy berkata “mari bermain “.
  • Gunakan suara pita/tinggi ketika anda mengatakan “ mari bermain”
  • Berikan teddy kepada batita anda dan tanyakan padanya apa yang dia pikirkan tentang kata yang diucapkan teddy tadi?
  • Lanjutkan permainan dengan menanyakan untuk mainan yang lain atau katakan nama benda-benda yang ada di dalam ruangan. Untuk contoh, kursi dapat berucap “lembut”
  • Selalu gunakan nada pita tinggi ketika bicara untuk mainan atau benda.

Apa kata para ahli

Bicara pelan dengan ucapan yang hati-hati akan menjadikan anak anda dapat membedakan ucapan orang lain, memberi penekanan atau pengulangan salah satu kata, dapat juga membantunya.

MENGGELINDING YANG MENYENANGKAN

Anda dapat membantu ketrampilan fisik anak anda dengan menggelindingkan sebuah bola padanya dan mengajaknya untuk menggelindingkannya kembali pada anda.

  • Batita yang umurnya telah terjangkau dimana menggelindingkan bola adalah sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan. Cobalah untuk mengajaknya.
  • Duduk di lantai bersama anak anda. Panggil namanya maka dia akan melihat anda, lalu gelindingkan bola padanya.
  • Minta dia menggelindingkan kembali pada anda.
  • Selama anda menggelindingkan bola, dapat diucapkan “aku menggelindingkan bola untuk…. ( nama anak anda)”
  • Ketika dia menggelindingkan bola kembali pada anda, katakan (nama anak tersebut) menggelindingkan bola untuk ( ayah)
  • Hanya ganti kata ketika kegiatan menggelinding berpindah tempat/posisi.

Apa kata para ahli

Setiap perpindahan baru untuk mengulangi dan mengulangi kekuatan lingkaran neuron yang menemukan area otak masuk ke kortek dan keluar ke sambungan nerves lalu ke otot.

WAKTU BERCERITA 

Permainan ini mengembangkan ketrampilan sebelum membaca  anak batita. Dan ketertarikan mereka pada buku.

  • Membaca buku untuk batita dapat menghilangkan frustasi.  2 sampai 4 menit adalah waktu yang cukup untuk mereka dapat selalu duduk.
  • Batita tertarik buku dengan foto dari anak tersebut, ketika melakukan sesuatu yang umum, missal makan, berlari, dan tidur.
  • Buku yang mengatakan hello dan selamat tinggal sangat terkenal diusia anak ini.
  • Nada yang mudah dan bacaan yang diramalkan adalah kriteria yang penting juga.
  • Untuk membuat anak anda tertarik, pakailah nama anak tersebut untuk mengganti nama anak dalam buku.
  • Anda dapat membaca dimanapun, di tempat tidur, di waktu mandi (gunakan buku yang tahan air), duduk di lantai atau dalam kolam renang.

Apa kata para ahli.

Membaca buku dengan keras akan menstimulasi imajinasi anak dan memperluas pengetahuan mereka tentang dunia. Hal itu membantu perkembangan bahasa dan ketrampilan mendengar serta mempersiapkan mereka untuk mengerti menulis kata.

Umur 12 – 15 Bulan

TEPUK LAGU   

Pengertian ini membantu membangun pengertian anak tentang irama dan kemampuan mendengarnya.

  • Coba tepuk lagu ketika menidurkan batita anda, ketika memandikannya atau setiap ada waktu
  • Nyanyikan lagu favorit dari batita anda dan setiap pada waktu yang sama tepuk perutnya, usap pipinya, atau gosok punggungnya dengan telapak tangan anda untuk mengikuti irama lagu.
  • Selalu mengakhiri lagu dengan sebuah kecupan.
  • Anda dapat juga menyanyikan sebagian dari lagu atau hanya beberapa kata , contoh “Twinkle-twinkle little ( tepuk kata “ star”, tapi jangan nyanyikan itu)

Apa kata para ahli

Guna otak seorang anak kecil adalah untuk tumbuh dan berkembang pesat. Anak-anak membutuhkan cinta, pelukan, berbicara dan membaca serta melakukan aktivitas.

SEMANGAT-SEMANGAT   

Ini sebuah permainan menyenangkan yang penuh semangat yaitu meningkatkan pertalian yang baik antara anda dengan batita anda.

  • letakkan anak anda dipangkuan anda, peluk dengan sungguh- sungguh dia dalam lengan anda.
  • Katakan pada anak anda untuk mengikuti semangat anda :

Bouncing, bouncing, let’s go bouncing ( semangat, semangat, ayo semangat)

Up and down (ke atas, ke bawah)

All around (berputar)

Bouncing, bouncing, let’s go bouncing, (semangat, semangat, ayo semangat)

Whoops, don’t fall down (whoops, jangan sampai jatuh)

(ajak batita anda untuk melakukan yang sebelah)

Katakan sajak itu lagi dan ajak untuk melanjutkan halaman selanjutnya.

  • Ulangi sajak dan sewaktu kata”whoops” buka sikutmu dan peluk batita anda pada pinggang dan mari jatuhkan lagi.

Apa kata para ahli

Interaksi positive akan menjaga selama stimulasi sebuah otak anak, karena sinapsis tumbuh dan keluar jalur untuk menjadi lebih kuat.

YUM-YUM

Ekspresi emosi langsung dengan anak batita bagus untuk pertumbuhan otak.

  • Pembangunan ketrampilan bahsa batita ketika anda menyiapkan sebuah makanan dengan menyanyi mengikuti versi pendek atau bernyanyi seperti nada berikut:

The farmer in the dell

It’s time to find the milk

It’s time to fine the milk

Hi, ho, the derry oh

It’s time to find the milk

  • Berjalan ke lemari es dan ambil kotak susu, lalu katakan I love milk, yum-yum.
  • Gunakan gaya itu untuk makanan yang lainnya atau bagian rumah tangga. Ambil makanan itu, ganti versi ketika berkata tentang makanan tersebut.
  • Permainan seperti ini membangun ketrampilan bahasa.

Apa kata para ahli

Intonasi dan ekspresi wajah akan memperjelas kata-kata.

Pembelajaran  emosi adalah menjalin dengan seluruh bagian dari belajar.

SEKUMPULAN TLC

Permainan ini membangun ketrampilan mengasuh.

  • duduk dilantai bersama batita anda dan ambil 2 atau 3 boneka yang menjadi kegemarannya atau beberapa hewan diatas lantai dengan anda
  • Ambil salah satu dari mainan isian/sumpalan dan peluk boneka itu dalam dekapan anda. Katakana kata-kata cinta seperti “bermain denganmu sangat menyenangkan”. “Aku cinta rambut coklatmu”, atau “aku suka memelukkmu”.
  • Sekarang lakukan yang sama untuk anak anda
  • Jaga permainan ini, selama anak batita tertarik. Anda akan segera diberitahu bahwa dia akan segera memulai permainan ini dengannya.

Apa kata para ahli

Pendapat dari Dr Bruce Perry ahli psikologi di perguruan tinggi kedokteran di Texas, anak-anak yang tidak mendapat jatah dari TLC lebih awal dalam hidupnya, dimungkinkan kekurangan kekuatan untuk membentuk hubungan tertutup.

Umur 9 – 12 Bulan

AKU SENTUH

Nada ini membantu bayi anda mengenal bagian- bagian tubuhnya.

  • Pertama katakan untuk mengikuti lagu dan berhenti setiap bagiah tubuh yang ditunjuk:

Aku sentuh daguku, pipiku, kursiku

Aku akan sentuh kepalaku, tumitku, rambutku

Aku akan sentuh lututku, leherku, hidungku

Lalu aku akan belok dan menyentuh jari-jariku

  • Kemudian ambil tangan bayi anda dan tunjuk setiap bagian dari tubuhnya sambil anda nyanyikan lagi, ganti kata-kata “ ku” menjadi “kamu”
  • Anda juga berkata bahwa akan mulai dengan suara yang sama

Apa kata para ahli

Sentuhan pada bayi anda membantu penalarannya dan membebaskan mereka dari rasa stress.

SEBUAH MAINAN BERTUMPUK

Menumpuk mainan mempunyai banyak kegunaan yang positif untuk mengembangkan cara bermain.

Kepercayaan pada bayi anda mengembangkan ketrampilan yang dibutuhkan, yang membesarkan hatinya untuk mencoba beberapa langkah berikut :

  • tumpuk dari besar ke kecil, dari kecil ke basar dengan berbagai cara
  • lempar gelang-gelang
  • letakan gelang-gelang di jari jarinya
  • letakkan gelang-gelang ke dalam mulutnya
  • putar gelang-galangnya

Apa kata para ahli

Membantu pertumbuhan otak bayi berarti membenamkannya dalam lingkungan yang kaya akan ilmu dan emosi dan stimulasi.

SEBUAH PERMAINAN KELIP / KEDIP

Organisasi musik sebuah lagu adalah bahasa.

  • Dudukkan bayi anda di lantai, dengan melihat ke anda
  • Nyanyikan lagu “Twinkle Twinkle Little Star” (kelip-kelip bintang kecil)
  • Di setiup kata dan setiap baris, tepuk tangan bersama. Sewaktu anda menekan kata , gunakan nada yang lebih nyaring  di banding yang lain,

“Twinkle twinkle little star ( tepuk tangan)

How I wonder what you are ( tepuk tangan)

Up above the earth so high (tepuk tangan)

Like a diamond in the sky ( tepuk tangan)

Twinkle- twinkle little star (tepuk tangan)

How I wonder what you are ( tepuk tangan)

Apa kata para ahli

Penemuan menjelaskan bahwa semakin tinggi suatu musik makin meningkatkan kecerdasan sebelum lahir. Seorang bayi mempunyai banyak gen dan sinapsis yang membuat mereka siap untuk belajar musik.

Umur 6 – 9 Bulan

WORTEL DAN KACANG POLONG

Para bayi sangat menyukai makan dengan jari-jari mereka, kenyataannya itu semua sangat penting dalam langkah perkembangan fisik motorik halus.

  • ambil beberapa kacang polong dan wortel yang sudah dimasak, taruh di atas meja di depan bayi anda
  • nyanyikan lagu , ajak dia mengikuti lagu, dengan nada “Frere Jacques”

kacang polong dan wortel, kacang polong dan wortel

disini mereka, disini mereka

ambil mereka masukkan dalam mulut, ambil mereka masukkan dalam mulut.

Yum,yum, yum

Yum, yum, yum

  • bimbing jari-jarinya memegang kacang polong dan wortel memasukkannya dalam mulut, kemungkinan ia akan mengikuti langkahmu juga.

Apa kata para ahli

Praktis dalam koordinasi mata dengan tangan akan membangun kawat dalam otak.

DI MANA BOLANYA?   

Permainan ini memikat bayi anda konsentrasi dan ketrampilan memperhatikan.

  • Duduk dilantai dengan bayi anda
  • Ambil mainan favoritnya di tangan anda dan berkata tentang mainan itu
  • Tanya kepada bayi anda, “Di mana mainannya?”
  • Keluarkan mainan tersebut dan berkata “ ciluk ba”
  • Lanjutkan bermain dengan permainan ini dan ganti lokasi/ posisi mainan setiap waktu.

Apa kata para ahli

Sebuah pelajaran di universitas Alabama menemukan bahwa, balok, manik-manik dan permainan ciluk ba dan mainan model tua yang lain dapat memperkuat, kognitif, dan mesin perkembangan bahasa.

PERMAINAN KACA

Melihat ke kaca sangat menyenangkan dan membuat bayi anda mengetahui pendapat lain tentang dirinya.

Ini ada beberapa hal yang dapat anda lakukan dengan bayi anda dengan mengajaknya mengaca .:

  • Tersenyum
  • Goyangkan bagian-bagian yang berbeda dari tubuh anda
  • Buat ekspresi wajah dengan suara lembut
  • Buat suara dengan bibir anda
  • Buat suara hewan
  • Goyang-goyang kembali tubuh anda dan seterusnya.

Apa kata para ahli

Sejak neuron mulai untuk melihat kearah  yang lebih dekat bayi perlu stimulasi pelatihan visual.

CILUK BA

Banyak dari permainan ciluk ba menjadi favorit bagi anak-anak kecil.

  • Dudukkan bayi anda di lantai
  • Ambil sebuah handuk dan tutupi wajah anda
  • Dan berkata “Ciluk ba” saat anda mengambil handuk dari wajah anda. Lihat ekspresi wajah bayi anda.
  • Permainan ini selalu menghasilkan tawa yang keras ( terbahak – bahak ) dan selalu dimainkan sejak dulu sampai sekarang.
  • Coba taruh handuk diatas kepala bayi anda dan lihat jika ia akan menarik handuk tersebut.
  • Ingat untuk selalu berkata “Cilik ba” setiap anda mengambil/mengangkat handuk tersebut.

Apa kata para ahli

Ciluk ba adalah permainan bayi untuk belajar obyek (mainan itu akan kembali). Kekuatan, jaminan, hubungan dengan anak anda membantu menjaga stress yang luar biasa setiap hari.

DI DALAM DAN DI LUAR

Pengertian konsep ruang seperti di dalam, di luar, di samping, di atas, sangat penting untuk perkembangan otak.

  • Bermain permainan yang mendorong sebuah pengertian dari bagian yang bermanfaat buat masa depan bayi anda.
  • Bantu bayi anda menemukan mainan dan menariknya keluar
  • Masukkan lagi mainan itu ke dalam dan tetap memainkan permainan ini sampai selesai.
  • Buat nyanyian yang lucu, selama permainan yang satu berlangsung, dan setiap anda mengambil mainan itu kembali dan ucapkan:

Boxy, woxy, toysie, woysie

Boom, boom, boom.

(terakhir ucapkan boom dengan suara yang keras)

Apa kata para ahli

Pelatihan yang lebih awal adalah jalur melingkar yang dibuat di dalam otak.

Umur 4 – 6 Bulan

MELIHAT APA YANG SAYA LIHAT

Bayi suka menatap wajah dan mainan warna-warni.

  • Mengambil mainan warna-warni, satu persatu, perlahan-lahan memindahkan mainan itu bolak-balik di depannya untuk merangsang penglihatannya.
  • Juga pada waktu menemukan tangan mereka, mereka melihat dan belajar bahwa mereka dapat membuatnya muncul dan menghilang.
  • Mengambil tangan bayi anda dengan lembut dan bertepuk tangan dengan tangannya didepan wajahnya, sambil  mengatakan puisi:

Bertepuk tangan, bertepuk tangan, bertepuk tangan

Bertepuk tangan bersama

Letakkan tanganmu di atas wajah ibunya ( pengganti nama orang yang membacakan sajak untuk si bayi )

Bertepuk tangan bersama.

Apa kata para ahli

Latihan ketrampilan mata sangat penting selama 6 bulan pertama kehidupannya.

HIDUNG BERSENTUHAN

Permainan ini akan membantu bayi anda membentuk emosi yang terbuka dengan anda :

  • Peluk bayi anda di udara dan berkata, hidung, hidung, hidung bersentuhan.
  • Pada waktu kata bersentuhan, bawa dia turun dan sentuhkan hidung anda dengan hidung bayi anda.
  • Ulangi permainan ini, hidung saling bersentuhan pada waktu mengucap kata” bersentuhan”
  • Setelah anda memainkan permainan ini beberapa saat, kata “bersentuhan” dapat diulangi lebih dari 1x, lalu saling menyentuhkan hidung.
  • Untuk contoh, katakan “bersentuhan, bersentuhan, bersentuhan, hidung” kemudian saling menyentuhkan hidung sebanyak 3x.

Apa kata para ahli

Sentuhan lembut pada bayi anda akan membuatnya merasa aman dan nyaman, menjadikanya selalu yakin dan akhirnya mandiri.

MENAIKI ESKALATOR

Selama kepercayaan dibangun antara anda dan bayi anda, permainan ini akan menguatkan otot.

  • peluk jari-jari bayi anda dengan lembut dan tarik lengannya sambil anda mengatakan syairnya.

Menaiki escalator

Naik,naik, naik

Menuruni escalator

Turun,turun, turun

  • Tarik lengan bayi anda dan ucapkan syairnya
  • Lanjutkan dengan menarik bagian lain dari tubuhnya dan mengucapkan syairnya setiap waktu.
  • Untuk mengakhirinya dengan mengangkatnya ke udara lalu ke bawah
  • Slalu memberikan sebuah ciuman setiap mengakhiri permainan.

Apa kata para ahli

Mencintai dengan penuh kasih sayang akan membangun kepercayaan bayi anda.

KERETA API CHOO CHOO

Kombinasi dari sentuhan dan suara yang ruwet dalam permainan ini sangat menstimulasi dan bayi anda mendapatkan kegembiraan:

  • Selama anda mengucapkan syairnya , pindahkan jari anda, angkat lengan bayi anda dan turun lagi:

khoo-khoo kereta api, khoo-khoo kereta api

naik ke rel

toot, toot, toot, toot

sekarang kereta api kembali lagi.

  • ulangi dengan menarik yang lain
  • jadikan drama dengan kata “toot” dan selanjutnya bayi anda akan mencoba membuat suara seperti itu.

Apa kata para ahli

Drama pembicaraan membesarkan ekspresi yang mendorong emosi bayi. Dalam aktivitas ini otak melepaskan kimiawi yang membantu memori.

Umur 0 – 3 Bulan

IKUTI TINDAKANNYA

Bayi suka melihat wajah, terutama orang yang mereka cintai.

  • Mencoba mengekspresikan wajah dan suara yang berbeda untuk mengembangkan mata dan pendengaran bayi.
  • Berikut ada beberapa ide :

– Menyanyikan lagu menggunakan bibir besar

– Tutup mata anda

– Julurkan lidah anda

– Membuat gerakan dengan mulut anda

– Keluarkan suara bibir

– Batuk atau mengucap

Apa kata para ahli?

Pada umur 2 bulan bayi dapat membedakan fitur pada wajah.

SNUGLE, BUGGLE, I LOVE YOU

Permainan ini membangun ikatan antara anda dan bayi anda.

  • Peluk bayi anda dalam kedua lengan anda dan dekap punggungnya terus
  • Selama kamu mendekapnya, ucapkan  kata “ snuggle, buggle, I love you” (meringkuk, merapat, aku cita kamu)
  • Pada waktu mengucapkan kata “kamu”, cium bagian kepala, hidung, dan janggutnya.
  • Pada waktu anak anda sudah besar, dia akan masih meminta anda memainkan permainan ini.

Kata-kata apa yang dicari

Pencarian dilihat dari banyaknya anak usia dini yang manja dan kolokan, banyak yang akan menjadi aman dan mandiri ketika dia semakin dewasa.

MUSIK YANG MENYEJUKKAN

Setiap bayi kecil harus diperdengarkan musik yang familiar.

  • Tempatkan pemutar kaset kecil dekat bayi anda.
  • Pilih instrument musik yang lembut atau mainkan lagu nina bobok.
  • Musik yang mempunyai melodi pengulangan sangat menyejukkan anak usia dini karena di dalam kandungan ia mendengarkan musik tersebut.
  • Anda dapat mengambil mesin cuci piring atau mesin cuci pakaian dan mainkan ini untuk bayi anda juga., karena suara mesin ini mirip dengan suara rahim.

Apa kata para ahli

Bayi baru lahir memiliki respon alami untuk musik, melalui pengkondisian mereka dalam rahim untuk mendengarkan irama, suara dan gerakan.

Sumber : bintangbangsaku.facebook.com


30 April 2011 - Posted by | PAUD PUTRI MANDIRI

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: