PKBM Putri Mandiri

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Kelapa Gading

Observasi ke KB An Nuriyah

Hari Selasa, 18 Mei 2010 kami kakak dan bunda berangkat menuju Pasar Rebu ke Kelompok Bermain Annuriyah yang sudah menjadi KB percontohan di Jakarta Timur dengan sistem pembelajaran sentra. Kesan pertama dari bundanya bahwa KB ini sangat asri, sederhana namun sangat memukau dari segi pembelajaran peserta belajarnya. Bagaimana tidak ? peserta belajar tampak tekun mengikuti sesi belajar sentra tanpa harus terganggu perhatiannya dengan sentra-sentra lain yang ada di sebelahnya. Ruangan kelas yang tidak ber sekat dan masih dalam satu ruangan yang berukuran 35x 25m. Dalam satu ruangan tersebut ada 3 sentra dan sisi luar kelas digunakan untuk sentra alam dan sentra balok. Anak sudah mandiri tidak didampingi orang tua dan mereka adalah peserta belajar dari umur 3-6 tahun. Ada beberapa peserta yang belum genap berusia 4 tahun namun kemajuan dari tumbuh kembang mental belajar anak sudah maju pesat. Sungguh membanggakan. Penjelasan dari beberapa bunda disana mengatakan mereka adalah peserta belajar yang memang sudah dari dini bersekolah di KB tersebut.

Bagaimana Golden years anak termanfaatkan dengan baik caranya adalah dengan memberikan rangsangan pembelajaran yang tepat menurut usia mereka. Dan bagaimana cara meramunya, membutuhkan banyak olah sumber dan pikir beberapa penggagas pendidik anak usia dini yang sudah mengeluarkan teorinya.

Semoga hasil observasi ini bisa memberikan pencerahan bagi kami semua untuk kakak dan bunda untuk memberikan pendidikan terbaik bagi penerus bangsa.

25 Mei 2010 - Posted by | PAUD PUTRI MANDIRI

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: