PKBM Putri Mandiri

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Kelapa Gading

Tahun Ajaran Baru 2010 – 2011 (part 2)

SKBM ( Sistem Kegiatan Belajar Mengajar )
No. Jam ( WIB ) Kegiatan
1. 08.00 – 08.15 Anak berbaris di halaman dengan membaca
“IKRAR”
2. 08.15 – 08.30 Anak dibimbing masuk ke dalam kelas untuk
menyebutkan apa saja
3. 08.30 – 09.30 1. Membaca do’a sebelum belajar
2. Membaca do’a pembuka hati
3. IQRA secara klasikal
4. Anak belajar
a. Bernyanyi
b. Mewarnai
c. Menempel
d. Berkreasi sendiri
4. 09.30 – 10.00 Snack
5. 10.00 – 10.15 Gosok gigi bersama, Istirahat
Persiapan pulang dan membaca doa’ pulang
Catatan : Khusus hari senin senam sebelum masuk kelas
Sarana Dan Prasarana
a. Sarana Belajar dan Bermain
· Alat bermain edukatif
· Buku mewarnai, buku cerita bergambar
· Alat peraga, miniatur binatang
· Maket, gambar dan poster
· Bendera, tali, lilin / malam dan puzzles
· Rumah – rumah taman, ayunan, prosotan, jungkitan, balok titian dll
· Miniatur alat transportasi
· Mobil – mobilan, pesawat, balon, bola dll
· Alat bermain imajinatif , balok besar / kecil, beraneka rumah-rumahan
· Alat permainan tradisional, tanah liat dll
· Mainan konstruksi bongkar pasang , potongan kayu, krayon, cat warna dll
· Alat kesenian, tipe recorder, kaset lagu, krincingan dan alat untuk senam
· Berbagai macam mainan dari bahan plastik lainnya.

b. Perlengkapan lainnya
· Laporan perkembangan anak
· Daftar Hadir
· Rak sepatu / rak mainan
· Papan tulis / White board
· Bangku duduk kecil dan Meja warna
· Ruang untuk belajar dan bermain
· P3K
· Peralatan kantor lainnya untuk guru dan kepala sekolah

Karakteristik Penilaian Keberhasilan
Untuk anak didik
· Pembentukan akidah dan keimanan anak-anak muslim sejak dini
· Mengenal konsep-konsep dasar Islam
· Mampu mengekspresikan ahlaqul karimah
· Mampu menghapal 5 do’a sehari-hari dan 5 surat-surat pendek Juz 30
· Berbadan sehat, bugar dan energik
· Mampu bersosialisasi dan berkomunikasi dengan guru sesama teman dan lingkungannya
· Mampu mengekspresikan kreatifitas secara lisan, gerak, dan gambar
· Mencintai, patuh dan santun terhadap orang tua guru dan orang yang lebih tua
· Menyayangi sesama teman dan anak yang lebih muda
· Mengenal cara hidup bersih, aman.
· Terpenuhinya kesiapan anak untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi secara emosional, intelektual, fisik dan spiritual.
Untuk Orangtua
· Meningkatnya partisipasi orang tua dalam setiap kegiatan bagi anak.
· Meningkatnya kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan, kesehatan dan gizi anak.
Untuk Lembaga
· Meningkatnya apresiasi dan minat masyarakat untuk mengikuti kegiatan Playgroup ini.
· Menjadi pusat layanan yang terpadu bagi anak prasekolah yang mencakup aspek aspiritual, pendidikan, kesehatan dan gizi anak.

Contoh SKH dan SKM

TEMA ALAM SEMESTA
Waktu : 3 Minggu
Bahasa
Kompetensi Dasar
· Membaca
· Dapat mengungkapkan keinginannya melalui ungkapan sederhana

Indikator
· Mengenal buku cerita yang disukainya melalui cover buku dan meminta dibacakan
· Menjawab pertanyaan sederhana ”APA, SIAPA, DIMANA”
· Menceritakan pengalaman sehari hari secara sederhana

Kognitif
Kompetensi Dasar
· Berfikir scientific : menemukan
· Dapat memahami keberadaan benda yang terlihat dan disembunyikan

Indikator
· Mengamati benda di sekitarnya
· Mencari benda yang disembunyikan
· Mencari sebuah benda diantara koleksi beberapa benda dan memberi respon terhadap permintaan (ex. ” Temukanbeberapa benda yang berwarna pink atau Tunjukan padaku kulit kerang berwarna hijau”

Fisik Motorik
Kompetensi Dasar
· Gerakan halus
· Berpindah tempat
· Dapat memainkan benda menggunakan tangan /kaki (motorik kasar)
Indikator
· Melompat turun dari ketinggian 10-20 cm dengan 2 kaki.
· Menghindari rintangan ketika berjalan
· Menirukan gerakan binatang dan tanaman
· Naik turun tangga tanpa berpegangan.
· Mengaduk cairan dengan berbagai alat
· Menuang (air, beras, biji-bijian)
· Meraup pasir, beras dan biji-bijian

Seni
Kompetensi Dasar
· Dapat bergerak mengikuti bendabenda di lingkungannya
· Dapat mengekspresikan diri dalam bentuk coretan sederhana
· Dapat bernyanyi beberapa lagu
Indikator
· Meniru gerakan binatang dan benda-benda lainnya seperti kapal terbang
· Bersenandung/menyayikan katakata pada lirik lagu yang diulang
· Membuat coretan tak berbentuk
· Mengekspresikan fikiran dan perasaan melalui menggambarbebas
· Menyanyikan beberapa lagu

Pembiasaan (moral, social, emosi)
Kompetensi Dasar
· Berinteraksi dengan yang lain
Indikator
· Merangkul teman yang sedang menangis
· Senang bermain dengan teman
· Mau menyapa teman
· Sabar menunggu giliran

JARINGAN RENCANA BELAJAR

TEMA:
ALAM SEMESTA
Minggu 1,2,3
Sub tema: Pengenalan benda-benda alam
semesta
a. Kegunaan matahari, bulan, bintang dan bumi (1).
b. Yang menciptakan matahari, bulan, bintang dan bumi (2).
c. Kapan dapat dilihat (2)
d. Gejala alam (3): Jenis-jenis, sebab terjadinya dan pemeliharaan lingkungan

Bahasa
· Mengenal dan mengamati beberapa huruf yang sama dengan huruf namanya (1)
· Menggunakan ilustrasi untuk menerka apa yang tertulis (2,3)

Kognitif
· Berinteraksi dengan benda sesungguhnya atau tiruan dalam bermaian peran (1)
· Menggambar atau membangun dengan balok dan menyebutkan namanya (2,3)

Fisik Motorik
· Memegang benda kecil dengan telunjuk dan ibu jari (1)
· Membuat bangunan dengan menggunakan satu bentuk balok yang sama (2,3)

Seni· Menebalkan titik-titik
· Menggambar bebas dalam lembar kosong
· Melukis
· Mencipta pola dengan kolase
· Mencipta pola dengan merobek dan menempel
· Membentuk dengan plastisin
· Menyanyikan syair lagu anak-anak

Pembiasaan (moral, social, emosi)
· Terbiasa berdoa sebelum memulai kegiatan (1)
· Menerima tugas dengan ikhlas (1)
· Sangat memperhatikan saat anak lain masuk ke kelas sambil menangis (1,2)
· Membantu teman kelas membersihkan tumpahan (2,3)
· Berlatih khusyu dalam berdoa (2)
· Senang melaksanakan ibadah (3)

SKM
SATUAN KEGIATAN HARIAN
Kelompok Level : 2.5 – 4 Tahun
Semester/Minggu : I / 1
Tema : Alam Semesta
Sub Tema : Kegunaan matahari, bulan, bintang dan bumi
INDIKATOR KEGIATAN PEMBELAJARAN ALAT ATAU
SUMBER BELAJAR
PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK
ALAT HASIL
· Mau menyapa teman (Pb)
· Menjawab pertanyaan sederhana (B)
· Menceritakan pengalaman sehari hari (B)
I. Kegiatan awal
· Penyambutan
· anak
· Berbaris
· Bernyanyi
· Berdoa
· Tanya jawab tentang alam semesta
Observasi
Unjuk kerja

II. Kegiatan Inti

Bernyanyi. Bersenandung atau menyanyikan lirik lagu yang diulang (Seni). Bahan : Kaset, tamborin, Tape Unjuk kerja

Mencari benda yang disembunyikan (Kognitif). Membuat benda-benda yang berbentuk benda langit dan anak disuruh mencari. Bahan: Karton, lem, warna Hasil Karya.

Membuat coretan tak berbentuk (Seni). Mencipta pola kolase Kertas, bahan : ampas kelapa warna, lem

III. Istirahat atau makan
· Mencuci tangan
· Membaca doa sebelum dan sesudah makan
· Bermain Air, ember, baskom, sendok, piring, gelas, lap

Observasi
Menjawab pertanyaan sederhana

IV. Kegiatan akhir
· Pemberian tugas pulang sekolah
· Bernyanyi
· Berdoa
· Pulang

24 Mei 2010 - Posted by | PAUD PUTRI MANDIRI

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: