PKBM Putri Mandiri

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Kelapa Gading

Lomba Mewarnai Bersama Himpaudi

Halo, jumpa lagi…

Hari Rabu, 14 April 2010, PAUD PUTRI MANDIRI telah mengadakan lomba mewarnai bersama Himpaudi se kecamatan Kelapa Gading. Pesertanya mencapai 500 orang lho..!. Ck Ck Ck memang sungguh banyak…kami pun kewalahan melihat sedemikian melimpahnya antara orang tua dan anak-anak di salah satu restoran cepat saji di Kelapa Gading. Melihat panitia acara yang kelimpungan dengan melimpahnya peserta, syukur Alhamdulillah bunda-bunda berhasil mendapatkan tempat duduk untuk berlomba bagi peserta dari Paud kami di tempat yang nyaman.

Ada rasa ketidakpuasan dalam pengadaan lomba ini. Dari segi ketidaksiapan panitia dalam hal menyiapkan area peserta lomba, dalam hal penjurian maupun dalam hal pengumuman penunjukan hasil karya pemenang yang tidak dipaparkan kepada orang tua dan peserta lomba.

Ada hal esensial dalam menyertakan anak terutama bagi keluarga yang ingin mengajak anaknya untuk tampil berani, ikut berlomba dengan sejumlah saingan bahkan mencapai ratusan orang peserta lomba, yaitu bahwa kami mengerti jika peserta lomba ada yang menang dan ada yang kalah namun kami tidak ingin orang tua berspekulasi apalagi hasil karya pemenang tidak di paparkan di panggung pemenang. Karena kita ingin mengajarkan kejujuran dan kesportifitasan kepada anak maka hendaknya keterbukaan dalam hal penjurian sebagai bagian value yang diterapkan kepada kita semua di mulai sedini mungkin.

Mungkin ini menjadi bahan pelajaran untuk panitia Himpaudi kecamatan Kelapa Gading. Semoga kita semua tidak kapok atas pengalaman lomba ini. Berangkat dari niat ingin membangun jaringan se kecamatan kelapa gading namun jika hasilnya hanya kekecawaan maka akan sulit untuk memperbaiki kepercayaan seperti semula.

Lepas dari itu kami tidak terlalu kecewa walau peserta lomba kami tidak ada yang memenangkan satu trophy apa pun karena kami berbangga hati melihat kemandirian peserta lomba dari usia 2 hingga 5 tahun. Betapa bangganya kami melihat peserta lomba 2-3 tahun yang tidak menangis mewarnai sendirian tanpa ditemani mamanya. Mereka bisa mengerjakan sendiri tanpa harus terganggu sebelah kanan-kirinya terdapat anak peserta lomba ditemani ibunya bahkan gurunya. Betapa kacaunya panitia jika mereka yang menemani anak tidak didiskualifikasi dalam penjurian.

Semoga kita bisa terus berkarya dalam lomba-lomba yang lain tanpa harus khawatir dalam hal kesportivitasan dan kejujuran penjurian.

14 Mei 2010 - Posted by | PAUD PUTRI MANDIRI

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: